SMAN 1 DUKUN GRESIK

Selamat datang di official web SMAN 1 Dukun Gresik: smandugres.sch.id

Friday, 16 February 2018

Semarak Kegiatan Campus Expo





Tujuan utama dari kegiatan Campus Expo secara umum adalah mempertemukan perguruan-perguruan tinggi dengan siswa siswi, perguruan tinggi di campus expo bisa memberikan informasi tentang pendidikan di kampusnya sekaligus sebagai sebagai media untuk menjaring calon mahasiswa dan branding perguruan tingginya.

Bagi Event Organizer tujuan utama Campus Expo tersebut bisa dijadikan teman pendamping untuk mendapatkan profit yang cukup banyak. Event Organizer lebih mudah untuk mendapatkan sponsorship karena acara bertujuan pendidikan.

Pada stand-stand perguruan tinggi yang dipamerkan siswa siswi terutama murid sekolah menengah atas seperti SMA, Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK), atau MAN bisa mendapatkan banyak hal tentang kampus, hanya dalam satu lokasi siswa bisa menemukan banyak perguruan tinggi sebagai bahan pertimbangan mana perguruan tinggi yang baik untuk dipilih.

Untuk melaksanakan kegiatan Campus Expo tentunya tidaklah mudah, terutama bila keterbatasan panitia tinggi, lokasi yang tidak mendukung, dan kerjasama dengan pihak lain yang kurang baik.

Kegiatana Campus Expo harus bisa mendatangkan banyak perguruan tinggi baik swasta maupun perguruan tinggi negeri dan kegiatan ini juga harus bisa mendatangkan siswa siswi yang cukup banyak. Bila perguruan tinggi yang mengikuti tentunya tidak akan meriah dan tidak layak untuk ditampilkan pada kegiatan ini karena pengunjung tidak akan menyukai dan bisa menjadikan campus expo menjadi sepi, begitu juga dengan pengunjung siswa siswi yang sedikit tentunya akan menyenangkan bagi perguruan tinggi, hal ini akan menyebabkan perguruan tinggi mundur satu persatu dan acara kegiatan campus expo akan sepi dan yang lebih fatal kegiatan menjadi bubar dan gagal.

Jumlah perguruan tinggi dan jumlah pengunjung harus banyak itu intinya, untuk mendatangkan perguruan tinggi panitia harus bekerja keras untuk banyak mendatangi kampus-kampus, menghubungi lewat email, telpon, fax atau media yang lain. karena dari sekian banyak kampus yang dihubungi belum tentu semuanya akan bisa mau diajak mengikuti campus expo.

Untuk menghubungi perguruan tinggi tentunya harus disiapkan proposal yang menjual dan berbobot, dari mulai penjelasan latar belakang, tujuan, kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam acara tersebut, susunan kepanitiaan yang baik, rencana anggaran yang dipaparkan cukup proporsional dan rasional tidak berlebihan dan mudah untuk direalisasikan.

Panitia akan lebih diuntungkan bila campus expo berada pada kota besar di mana dalam satu kota terdapat ratusan perguruan tinggi, panitia tidak perlu repot-repot banyak ke luar kota untuk menghubungi kampus-kampus.

Panitia harus ekstra keras bila kegitan ini dilakukan di kota kecil seperti kabupaten di mana hanya terdapat 2 atau 3 kampus saja yang mana diajak saja belum tentu mau ikut serta dan panitia harus pergi keluar kota jauh-jauh untuk mengantongi banyak perguruan tinggi. hal ini tentunya akan memakan banyak waktu, tenaga dan anggaran yang cukup besar yang perlu dipertimbangkan dengan baik.

Apabila perguruan tinggi sudah banyak yang bersedia mengikuti perlu ditindak lanjuti sosialisasi ke sekolah setara menengah atas baik SMA, SMK, atau MAN, karena siswa dan siswi yang paling tepat sebagai pengunjung campus Expo adalah anak-anak sekolah setingkat SMA terutama untuk kelas 3 atau sekarang disebut sebagai kelas 12.

Untuk mendatangkan anak sekolah setara sekolah menengah atas mungkin tidak begitu susah asalkan waktu kegiatan campus expo bukan pada waktu anak sekolah ujian atau mendekati ujian, dan kegiatan campus expo bisa dimeriahkan dengan acara-acara seperti lomba-lomba, pentas bakat/talenta, seminar, tryout, dan kegiatan yang menarik.

satu hal yang tidak kalah penting untuk mendatangkan anak sekolah adalah adanya kerjasama panitia dengan dinas terkait yaitu dinas pendidikan dan olahraga dan pejabat terkait atau dibawahnya yang bisa mengkondisikan dan bekerjasama ddengan sekolah-sekolah.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

VIDEO