MICROSOFT MATHEMATICS

 


MICROSOFT MATHEMATICS

(Learning Mathematic by Computer)

  

Oleh: Miftahul Hadi

(Guru Matematika SMAN 1 Dukun)

 

A.   Pengantar

Komputer merupakan alat bantu yang sudah diakui kecanggihannya oleh setiap orang. Dengan bantuan komputer hampir semua permasalahan di matematika dapat terselesaikan dengan cepat dan benar. Visualisasi grafik, komputasi numerik bahkan perhitungan simbolik sudah banyak dilakukan dengan komputer. Sampai saat ini sudah banyak software yang sudah beredar sebagai alat bantu untuk menyelesaikan persoalan di matematika baik secara numerik maupun simbolik. Beberapa program tersebut diantaranya adalah Microsoft Mathematics, Maple, Derive, Mathlab, Mathematica, dan Mathcad. Masing-masing dari program tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda, namun memiliki kesamaan dalam hal kemampuan menyelesaikan persoalan yang ada di matematika.

Microsoft Mathematics adalah alat yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah matematika dengan antarmuka yang ramah. Tidak seperti kalkulator, alat ini mampu menyelesaikan masalah-masalah matematika yang lebih rumit serta mampu menampilkan grafik pada pemecahan seperti persamaan linear.

Permasalahan matematika seperti trigonometri, kalkulus, statistika sampai aljabar linear mampu diselesaikan dengan alat ini. Keunggulan alat ini selain memecahkan hasil dari suatu soal, alat ini juga memberikan kita penjelasan tentang pemecahan permasalahan tersebut secara step-by-step. Jadi dengan alat ini kita dapat melihat dari mana hasil tersebut didapat.

 

B.   Memulai Menggunakan Microsoft Mathematics

Microsoft Mathematics telah dirancang dengan tampilan yang mudah dibaca, sehingga memudahkan pemakai untuk menggunakannya. Microsoft Mathematics juga bisa menampilkan notasi matematis pada proses-proses perhitungan yang dijalankan.

Untuk memulai program Microsoft Mathematics pilih menu Start>All Program>Microsoft Mathematics. Jika cara tersebut dilakukan dengan benar maka tampilan pertama program Microsoft Mathematics adalah:



Menu yang terdapat pada Microsoft Mathematics disusun khusus untuk pemecahan permasalahan matematika, sehingga berbagai menu yang ada berkaitan erat dengan berbagai fungsi dan metode yang ada pada matematika. Berikut ini adalah beberapa menu yang terdapat pada Microsoft Mathematics:

No

Gambar Menu

Keterangan

1



Menu Clipboard ini fungsinya sama pada menu-menu pada umumnya. Cut untuk memotong atau memindahkan obyek, copy untuk menyalin obyek, dan paste untuk menempel obyek, undo untuk menggagalkan perintah terakhir dan redo untuk mengembalikan penggagalan perintah yang telah dilakukan.

2



Menu ini berkaitan dengan mode penyelesaian kasus yang kita inginkan.

3



Menu ini digunakan untuk mengatur mode penginputan. Pemilihan keyboard digunakan saat kita menginginkan penginputan permasalahan matematika dengan mengetikkan soal pada form. Sedangkan Ink digunakan untuk melakukan penginputan dengan menuliskan rumus-rumus dan symbol-symbol pada form yang disediakan.

4



Menu ini digunakan untuk pemilihan penyelesaian permasalahan matematika sesuai dengan yang diinginkan. Menu ini juga dapat dipilih ketika kita ingin memasukkan suatu formula/soal matematika untuk dipecahkan oleh program tersebut.

5



Kalkulator canggih yang ada pada Microsoft Mathematics, dapat digunakan untuk menginputkan soal atau pemilihan suatu materi matematika yang sedang dipelajari

 

 

 

6



Tab ini digunakan untuk memindahkan tampilan sesuai keperluan. Jika persoalan yang diselesaikan membutuhkan hasil berupa grafik, maka tab grafik harus dipilih/diaktifkan untuk menampilkan hasil tersebut.

7



Pada tab menu insert terdapat opsi yang dapat kita gunakan saat kita menginginkan sebuah inputan berupa Matrik, Variabel, ataupun Data Sets.

8



Di tab menu View kita dapat mengatur tampilan-tampilan yang ada pada Microsoft Mathematics. Kita juga dapat mengganti skin dan warna Microsoft Mathematics yang kita gunakan

 

C.   Menulis dan Mengedit Ekspresi

Ekspresi atau pernyataan merupakan kunci utama dari serangkaian kegiatan penggunaan Microsoft Mathematics. Karena penulisan ekspresi yang salah akan mengakibatkan hasil yang salah juga. Semua penulisan ekspresi dapat kita lakukan melalui Worksheet.

 Misalkan kita ingin menyelesaikan suatu persamaan 3x2 + yx2 = z2. Maka penulisan nya adalah 3x^2+yx^2=z^2. Ketikkan pada form yang ada, maka form tersebut akan mengkoreksi apa yang kita tuliskan menjadi sebuah susunan soal matematika pada umum nya.


Untuk mendapatkan hasil dari persamaan tersebut, tekan tombol enter. Secara otomatis sistem akan melakukan perhitungan, dan menampilkan langkah-langkah yang digunakan dalam menyelesaikan soal tersebut.


Dan akan ditampilkan berbagai langkah penyelesaian yang ada. Seperti pada persamaan tersebut, terdapat tiga metode penyelesaian. Salah satunya seperti yang ada dibawah ini:




Dalam menuliskan ekspresi tidak menutup kemungkinan kesalahan akan terjadi. Maka untuk mengedit ekspresi tersebut dapat dilakukan dengan meng-click tombol edit entry pada worksheet. Dan anda dapat melakukan perubahan yang anda inginkan. Kemudian tekan enter, jika sudah selesai. Dan untuk menghapus ekspresi pilih delete entry pada worksheet.

 

 

D.   Menyimpan dan Memanggil File

Ekspresi yang telah kita tuliskan suatu saat mungkin akan terpakai kembali, sehingga perlu wadah untuk menyimpan ekspresi tersebut. Microsoft Mathematics memberikan fasilitas untuk melakukan penyimpanan ekspresi yang pernah dituliskan. Ekspresi yang tersimpan tersebut sebaliknya dapat kita panggil kembali sewaktu diperlukan. Untuk menyimpan file dapat dilakukan dengan menggunakan perintah File>Save. Dan untuk memanggil file pilih perintah File>Open.


E.   Graphing

Grafik yang digambarkan dapat berupa grafik dua dimensi maupun tiga dimensi. Jenis grafiknya pun dapat kita pilih dari berbagai bentuk seperti Cartesian, Spherical ataupun Cylindrical. Berikut ini adalah contoh penyelesaian permasalahan matematika untuk menggambarkan grafik persamaan dari z = 2x2 + y2 dan z = 4x + 2y – 3.


(grafik 2 dimensi)

 

 


(grafik 3 dimensi)

 

F.    Menemukan Berbagai Rumus Penyelesaian Matematika dan Sains

Dengan menggunakan Microsoft Mathematics, kita dapat mempelajari berbagai rumus penyelesaian matematika dan sains. Kita dapat menggunakan menu Formulas and Equations yang ada pada tab home.



Disana terdapat berbagai materi yang berkaitan dengan matematika dan sains, seperti aljabar, geometry, trigonometry, fisika dan lain-lain. Pilih sesuai keinginan, contohnya ketika ingin melihat rumus-rumus trigonometri



Selain melihat berbagai rumus yang ada, kita juga dapat menyalin dan menggunakan untuk menyelesaikan suatu soal. Kita hanya cukup klik kanan “Solve this equation”, dan nanti akan ada form tempat pengisian angka yang akan disajikan. Kita juga dapat melakukan ploting dan copy formulasinya.



G.   Penyelesaian Soal Segitiga dan Sudut

Untuk menghitung luas atau sudut segitiga, kita dapat menggunakan menu Triangle Solver.



Setelah kita klik maka akan keluar suatu form untuk pengisian panjang sisi-sisi segitiga lengkap dengan sudutnya.



 

H.   Konversi

Microsoft Mathematics menyediakan fasilitas konversi, misalnya panjang (length) dari inchi ke centimeter, ini dapat dilakukan dengan Unit Converter.



Kita dapat menggukan opsi yang disajikan untuk melakukan konversi dari inchi ke centimeter. Pada kolom convert pilih Length, dan untuk mengetahui hasil konversi pilih calculate.



 

 

Daftar Pustaka

 

Packel, Edward W.,1994, Animating Calculus, W.H. Freeman and Company

Stewart, J.,1998, Calculus-4th Edition, International Thomson Publishing Inc.

http://www.pil-network.com

Post a Comment

0 Comments