Agenda Kegiatan dan Event Penting 2018 Untuk Pelajar SMA

10 Agenda Kegiatan dan Event Penting 2018 Untuk Pelajar SMA
Inilah kegiatan dan hal-hal penting sepanjang 2018 yang perlu kamu catat di jurnal. Have a great year ahead!
1. SNMPTN 2018
SNMPTN merupakan jalur non-tes untuk masuk perguruan tinggi negeri. Yang jadi penilaian adalah performa dan prestasi di SMA serta akreditasi sekolahmu. Tiap PTN wajib membuka jalur SNMPTN, dan di tahun 2017 lalu kuota SNMPTN berkurang menjadi minimal 30 persen. Artinya daya tampung lewat SNMPTN setidaknya 30 persen dari kursi S1 reguler yang tersedia. 
Cek tips persiapan sukses SNMPTN 2018 di sini.
Jadwal:
Pengisian Pangkalan data siswa dan sekolah pertengahan Januari-pertengajan Februari
Pendaftaran SNMPTN pertengahan februari – Awal Maret
Pengumuman: Akhir April
2. UN dan USBN 2018
Anak kelas 12 akan menghadapi yang namanya Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional. UN diadakan serentak di seluruh Indonesia dengan soal yang sama. Salah satu tujuan utamanya, untuk mengukur hasil pendidikan di seluruh Indonesia. Namun sejak beberapa tahun belakangan, UN nggak menentukan kelulusan. Mau hasilnya berapa pun nggak ngaruh sama lulus atau nggaknya kamu.
Tapi UN tetap nggak bisa diremehkan lho, simak alasan kenapa UN tetap penting di artikel ini.
Mata pelajaran yang diujikan di UN hanya empat, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan salah satu mata pelajaran pilihan siswa yang sesuai dengan jurusannya. Di tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya ada variasi soal, yaitu untuk mapel Matematika. Meskipun hanya 4 nomor (10 persen) dari 40 soal yang diberikan.
Sementara itu USBN menjadi salah satu penilaian untuk kelulusan siswa. Soal antarsekolah bisa berbeda, namun tetap ada standar yang berlaku se-Indonesia.
Jadwal:
UN SMK 2-5 April
UN SMA/MA: 9-12 April
USBN: Maret
3. SBMPTN 2018
SBMPTN merupakan ujian serentak untuk masuk PTN. Kamu bebas mengambil tes Sosial Humaniora, Sains Teknologi atau gabungan keduanya, sesuai program studi yang dipilih. Ujian berlangsung sehari secara serentak di Indonesia, kecuali yang mengikuti ujian keterampilan (UK). Ada tambahan hari untuk pelaksanaan UK.
Jadwal:
Pendaftaran: Pertengahan Maret – Pertengahan April
Waktu ujian: Mei
Pengumuman: Awal Juli
4. Seleksi PTS dan PTN (jalur mandiri)
Jangan lupakan juga jadwal seleksi yang diadakan tiap kampus, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Untuk seleksi mandiri, nggak diadakan di semua PTN. Trus, kalau SNMPTN dan SBMPTN cuma punya prodi S1 reguler, maka di jalur mandiri umumnya ada pilihan prodi Diploma (D3 atau D4), kelas internasional, atau kelas pararel. Sebagian PTN menggelar tes khusus jalur mandiri, namun ada pula yang melakukan seleksi dengan nilai SBMPTN.
Sementara itu, masing-masing PTS juga punya jalur seleksi, syarat, jenis tes, hingga tata cara penerimaan mahasiswa  tersendiri. Jadi, kamu mesti cari info seputar kampus yang kamu incar.
Jadwal:
Pendaftaran seleksi Mandiri PTN: Mei – Juni
Ujian seleksi mandiri PTN: Mei – Juli
Pengumuman seleksi mandiri: Juni – Juli
Pendaftaran PTS: Awal 2018 (bahkan ada yang sudah dibuka sejak 2017) hingga Juli 2017
Tes PTS: Hingga pertengahan 2018. Biasanya ada beberapa gelombang.
Pengumuman PTS: Hingga pertengahan 2018
Tiap kampus memiliki jadwal masing-masing. Kamu bisa cek rangkuman jadwal penerimaan perguruan tinggi swasta favorit di sini
5. Wisuda dan Acara kelulusan SMA
Umumnya, ada 3 agenda penting saat kelulusan SMA. Pertama, acara wisuda formal yang diadakan sekolah. Kedua, acara perpisahan yang diadakan guru/sekolah atau siswa sebagai panitia. Alternatif acaranya bermacam-macam, bisa pesta formal a la prom, pentas musik, makan-makan di kafe atau di rumah salah satu siswa, hingga jalan-jalan bareng satu angkatan. Agenda yang ketiga adalah pembagian buku tahunan.  Buku tahunan biasanya digarap sejak 6 bulan sebelumnya.
Jadwal: 
Acara puncak: Juni-Juli 2018
Foto dan penggarapan buku tahunan: Januari
Pembentukan panitia dan persiapan acara kelulusan: Januari hingga menjelang hari-H

Post a Comment

0 Comments