Struktur kurikulum 2006 KTSP untuk jenjang SMA/MA


Struktur Kurikulum KTSP 2006 SMA/MA - Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Berikut struktur kurikulum 2006 KTSP untuk jenjang SMA/MA yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Struktur kurikulum SMA/MA meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
Pengorganisasian kelas-kelas pada SMA/MA dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas empat program: (1) Program Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Program Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) Program Bahasa, dan (4) Program Keagamaan, khusus untuk MA.
a.   Kurikulum SMA/MA Kelas X
1)   Kurikulum SMA/MA Kelas X terdiri atas 16 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel 4. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
2)   Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
3)   Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
4)   Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
Struktur Kurikulum 2006 KTSP untuk SMA/MA Kelas X
Komponen
Alokasi Waktu
Semester 1
Semester 2
A. Mata Pelajaran
    1. Pendidikan Agama
2
2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
    4. Bahasa Inggris
4
4
    5. Matematika
4
4
    6. Fisika
2
2
    7. Biologi
2
2
    8. Kimia
2
2
    9. Sejarah
1
1
    10. Geografi
1
1
    11. Ekonomi
2
2
    12. Sosiologi
2
2
    13. Seni Budaya
2
2
    14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
    15. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
    16. Keterampilan /Bahasa Asing
2
2
B. Muatan Lokal
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
Jumlah
38
38
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
b. Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII
1)   Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII Program IPA, Program IPS, Program Bahasa, dan Program Keagamaan terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Kurikulum tersebut secara berturut-turut disajikan pada Tabel 5, 6, 7, dan 8.  Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
2)   Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
3)   Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
4)   Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
Struktur Kurikulum 2006 KTSP untuk SMA/MA Kelas XI dan XII program IPA
Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran
    1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
    4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
    5. Matematika
4
4
4
4
    6. Fisika
4
4
4
4
    7. Kimia
4
4
4
4
    8. Biologi
4
4
4
4
    9. Sejarah
1
1
1
1
    10. Seni Budaya
2
2
2
2
    11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
          Kesehatan
2
2
2
2
    12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    13. Keterampilan/ Bahasa Asing
2
2
2
2
B. Muatan Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
39
39
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Struktur Kurikulum 2006 KTSP untuk SMA/MA Kelas XI dan XII program IPS
Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran
    1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
    4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
    5. Matematika
4
4
4
4
    6. Sejarah
3
3
3
3
    7. Geografi
3
3
3
3
    8. Ekonomi
4
4
4
4
    9. Sosiologi
3
3
3
3
    10. Seni Budaya
2
2
2
2
    11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
          Kesehatan
2
2
2
2
    12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    13. Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2
B. Muatan Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
39
39
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

 

Post a Comment

0 Comments