Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023

Sejumlah peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik mengikuti pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 untuk jenjang SMA yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 28-29 Agustus 2023. Pelaksanaan ANBK yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat ini bertujuan untuk memetakan kualitas pendidikan yang memiliki tiga aspek pengukuran, diantaranya kemampuan literasi dan numerasi, survey karakter serta survey lingkungan belajar. Kemudian hasilnya akan dievaluasi oleh pusat untuk menentukan mutu suatu lembaga atau sebagai tolak ukur sistem pendidilkan di lembaga tersebut.

Sebelum memulai kegiatan asesmen, peserta didik melaksanalan simulasi terlebih dahulu untuk memberikan kesiapan, mengetes kecepatan internet, dan sumber daya listrik. Pelaksanan simulasi diatur oleh masing-masing sekolah yang didampingi oleh proktor.

Pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tidak mengganggu proses pembelajaran karena ruangan yang dipakai untuk ANBK dan pembelajaran berbeda. ANBK dilaksanakan di lab komputer sedangkan pembelajaran dilaksanakan di ruang kelas.

Post a Comment

0 Comments