SMAN 1 DUKUN GRESIK

Selamat datang di official web SMAN 1 Dukun Gresik: smandugres.sch.id

Thursday, 28 February 2019

DIKLAT JURNALISTIK


Kembangkan sumberdaya manusia : lewat diklat jurnalistik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik, 28 Februari 2019, yang di adakan oleh mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari itu bertempat di AULA SMA Negeri 1 Dukun Gresik. Sebanyak 40 peserta dari perwakilan kelas X IPA IPS dan kelas XI IPA IPS Berpartisipasi dalam kegiatan Diklat Jurnalistik kali ini.
Acara diklat jurnalistik ini baru pertama kali di adakan di SMA Negeri 1 Dukun Gresik yang dihadiri kepala sekolah Bapak Sukirin Wikanto, S.Pd. I., M.Pd dan bapak Achmad Syukur, S.Pd., M.Pd Selaku Waka Humas. Dalam kesempatan tersebut Shobich Ulil Albab selaku perwakilan dari mahasiswa PPL  dalam sambutanya menyampaikan, “bahwa dalam kegiatan diklat jurnalistik ini  di harapan dapat memberikan pengetahuan baru terhadap para siswa dalam dunia literasi”. Kepala sekolah dalam sambutanya juga menyampaikan “bahwa pada zaman sekarang banyak berita-berita hoax, yang mana dengan harapan adanya kegiatan jurnalistik para siswa bisa lebih cerdas dalam memahami berita-berita yang belum jelas sumbernya. Dalam penutupan Do’a tersebut bapak Ahmad Syukur, S.Pd., M.Pd juga menegaskan “bahwa kegiatan jurnalistik ini adalah momen yang sangat bagus dan kesempatan untuk menambah wawasan bagi siswa siswi SMA Negri 1 Dukun, seluruh peserta diharpkan serius dalam menerima materi, karena dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi tentang jurnalistik hanya diajarkan kurang lebih 40% dan tidak menyeluruh”
Pembukaan acara dilaksanakan secara simbolis pemotongan tali pita oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Dukun Gresik yang  bertemakan “jika ingin mengenal dunia maka membacalah, jika ingin dikenal dunia maka menulislah”. Acara telah resmi dibuka pada pukul 11.30 WIB yang disaksikan oleh bapak syukur selaku, mahasiswa PPL INSUD dan seluruh peserta diklat jurnalistik.
Acara jurnalistik ini di narasumberi oleh Siti Nurul A’immah selaku alumni Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, pada materi jurnalistik tersebut Siti Nurul A’immah menyampaikan materi dasar tentang bentuk Redaktur/Redaksi dan jenis-jenis rubrik, setalah dibekali dengan materi tersebut peserta diklat jurnalistik langusng praktek tentang pembuatan mading, dalam praktek tersebut peserta dibentuk menjadi tiga kelompok dengan diberikan tema dan tugas masing-masing. Setelah tugas-tugas terselesaikan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karya madingnya masing-masing.

Peserta jurnalistik sangat antusias dan semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan jurnalistik tersebut, harapan diadakan kegiatan diklat jurnalistik ini semoga peserta dapat menjadi generasi yang cinta membaca dan menulis sekaligus menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dalam dunia literasi , mampu berkarya dan menciptakan ide-ide baru dalam penulisan.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Sambutan Kepala Sekolah

VIDEO