SMAN 1 DUKUN GRESIK

Selamat datang di official web SMAN 1 Dukun Gresik: smandugres.sch.id

PPDB SMAN 1 DUKUN GRESIK 2019/2020

PPDB SMAN 1 DUKUN GRESIK 2019/2020

Friday, 16 March 2018

USBN HARI PERTAMA


Hari ini, Jumat 16 Maret 2018, para siswa siswi SMAN 1 Dukun Gresik melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dengan mata pelajaran Sejarah.

Tahun 2018 ini, ujian sekolah (US) tak lagi dilaksanakan sebagai bagian dari ujian akhir SMA dan SMK. Setiap sekolah hanya menggelar ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sebagai pendamping ujian nasional (UN) untuk menentukan kelulusan siswa dan ini berlaku secara nasional.
USBN berlangsung 16 Maret – 02 April  2018 mendatang.

Pengurangan ujian akhir ini memberi konsekuensi. Di antaranya, terkait penyusunan naskah soal dan jumlah mata pelajaran yang diujikan. Dua puluh persen soal USBN disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).  Sementara, 80 persen soal lain disiapkan guru mata pelajaran yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Bentuk soal adalah campuran, 90 persen pilihan ganda dan 10 persen esai.

Sistem koreksi untuk pilihan ganda menggunakan sistem komputer dan jawaban esai dikoreksi secara manual. Saat ini, materi soal sudah disusun dan siap digandakan jelang USBN.

Meski begitu,  naskah soal USBN setiap sekolah belum tentu sama. Hal ini disesuaikan kurikulum yang digunakan masing-masing sekolah. Untuk sekolah yang menerapkan kurikulum 2006, ada 13 mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Sementara, sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 menyelenggarakan ujian untuk 15 mapel.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Sambutan Kepala Sekolah

VIDEO